16 Agustus 2013

"Kamu kok gapernah galau seh veee, galau o talahh"

Kayaknya kalimat itu udah tak dengerin berkali-kali. Dari temen smp apalagi.
Entah, aku sendiri juga gapaham kenapa bisa gitu. Mungkin emang kata galau gaada di kamusku, tapi ya gatau lagi sih.

Dipikir-pikir lagi, mungkin emang itu salah satu bentuk cobaan yang dikasih Tuhan, buat mereka. Buat aku? Entahlah, mungkin masih disimpan sama Tuhan, mungkin juga bener-bener beda. Bisa lebih ringan, bisa sebaliknya. Masing-masing punya porsi dan ukurannya sendiri.

Alhamdulillah, beberapa dari ujian itu udah lewat (mungkin), beberapa mungkin lagi dialamin, dan beberapa yang lain yang mungkin lebih 'wow' masih nunggu didepan. Kalo diinget-inget dulu— sampe sekarang, bolak balik dicekoki sama ayah:

"Kalo emang udah rejekinya kan Allah bakal ngasih, kalo emang belum waktunya selesai ujiannya, yaudah pasrah aja. Jalanin dulu semua, toh Allah juga tau kapan waktu yang pas."
Mungkin gara-gara itu kali ya, jadi kena sugesti. Ayah sering juga sih ngasitau kalo gausa mikir sesuatu berlebihan, dibikin santai aja, ntar keluar pasti problem solver-nya atau seenggaknya yang bikin buntu. Mungkin lebih ke realistis juga, liat keadaannya gimana,

Kayaknya emang 'caraku' buat ngadepin semua kaya air aja sih, pake prinsip let it flow. Liat air mengalir itu rasanya tenang gimana gitu. Walaupun lama-lama juga kerasa ada yang aneh, entah ngganjel aja. Dan kemudian disadarin sama tweetnya hafid tentang 'hal aneh' itu. Intinya kalo emang berprinsip mengalir kaya air berarti kalo pas air-nya jatuh ya berarti ikutan jatuh juga, kan. Bener sih, semua emang gaada yang bisa fine-fine aja, pasti ada aja masalahnya— ada aja jatuhnya. Tapi kan tetep semua kudu ditanggepi dengan sabar, dijalanin semampunya, sering-sering ndekatkan diri sama Tuhan. InsyaAllah bakal dikasi kemudahan. Hadapi ajadeh apa adanya. Life must goes on.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar